Faidah dari Kajian Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin al Badr hafizhahullahu Ta’ala di Istiqlal, 15 maret 2015


Faidah dari Kajian Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin al Badr hafizhahullahu Ta’ala di Istiqlal, 15 maret 2015

Oleh Ustadz Khalid Syamhudi hafizhahullahu 

Syaikh Abdurrazzaq 15 maret 20151. Tema : Tauhidullah yang menjadi tujuan penciptaan manusia. Karena tujuan ini Allah utus para nabi dan Rasul dan turunkan kitab sucinya.

2. Tauhid adalah asas tegaknya agama islam sehingga tidak akan manfaat sebuah ibadah tanpa tauhid seperti tidak ada tumbuhan tanpa pokok batangnya. Seperti dilampirkan dalam firmanNya dalam surat Ibrohim.

3. Tauhid ini adalah agama fitrah. Manusia diciptakan di atas fitrah bertauhid. Seperti sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam : “Semua orang lahir di atas fitrah lalu kedua orang tuanya yang membuatnya menjadi Yahudi atau Nashrani.”

4. Di antara tanda keagungan tauhid adalah seluruh amalan terhenti dan tertolak kecuali tegak diatas tauhid. Kesyirikan menghancurkan amal ibadah dan ketaatan.

5. Tauhid adalah poros kebahagian seorang hamba. Siapa yang memiliki tauhid maka akan sukses dan selamat didunia dan akhirat sebagaimana dalam hadits Mu’adz radhiallahu ‘anhu tentang hak Allah atas hambaNya dan hak hamba atas Allah.

Siapa yang menyia-nyiakan tauhid dan tidak memilikinya maka akan merugi dan celaka di dunia dan akhirat.

Oleh karena itu jadikanlah tauhid sebagai tujuan dan cita-citanya yang tertinggi serta prioritas utama melebihi makan dan minum, sebab kebahagiaan yang hakiki di dunia dan akhirat hanya akan di dapat dengan tauhid.

7. Siapa yang tidak bertauhid hatinya berantakan dan hidupnya sempit serta perkaranya bercerai berai dan hilang percuma. Tidak istiqamah hati dan anggota tubuh tanpa tauhid.

8. Akal yang sehat tidak bisa menerima syirik dan sangat cocok dengan tauhid. Akal tidak ridha kecuali tauhid.

9. Tidak akan merasa aman dan ketenangan yang sempurna didunia dan akhirat kecuali dengan tauhid.

10. Tauhid adalah kebaikan terbaik yang paling baik dengan dasar bahwa semua kebaikan diterima harus dengan tauhid dan syirik adalah yang paling jelek.

11. Tauhid adalah kunci surga. Tidak akan masuk surga tanpa adanya tauhid. Ini menunjukkan keutamaan dan kedudukan tauhid yang sangat tinggi sekali.

12. Hakekat tauhid.

Tauhid adalah mengesakan Allah dalam kekhususan Allah dalam Rububiyah, Uluhiyah dan Asma wa Shifat.

Kekhususan dalam Rububiyahnya dan kekhususan dalam Asma wa Shifatnya. Allah berfirman dalam surat Al-Hasyr ayat terakhir. Dalam asma dan sifat kita tidak melampaui Al-Quran dan Sunnah.

Termasuk hak Allah adalah beribadah hanya kepadaNya tidak menyekutukanNya dengan apapun. Semua jenis ibadah tidak ditujukan kecuali hanya kepada Allah.

13. Kufur dan nifaq ada yang besar dan yang kecil. Kufur akbar mengeluarkan dari islam sedangkan yang kecil tidak sampai mengeluarkan dari Islam.

14. Tauhid ada pembatal dan ada yang hanya mengurangi kesempurnaannya saja tanpa menghapus dan menbatalkannya. Hal ini penting untuk diketahui.

15. Sepatutnya seorang muslim memberikan perhatian besar kepada tauhid yang menjadi inti dakwah para Rasul ‘alaihimussalam dan ini ajaran semua kitab suci Allah. Perhatikan kandungan Al-Quran yang berisi 3 jenis tauhid dengan sempurna seperti Al-Ikhlas yang setara dengan 1/3 Al-Quran karena berisi seluruh jenis tauhid.

Demikian sedikit catatan yang bisa di ketik di smartphone ini semoga bisa memberikan manfaat bagi yang menulis dan membaca.

Istiqlal, 15 maret 2015.

Copas dari group WA ملتقى الدعاة الى الله (kiriman Ust. Khalid Syamhudi Al-Bantani), dengan sedikit edit pengetikan.

Sumber :  Info Kajian Islam

 

Iklan