Penamaan Salafy Jihadi atau Salafy Takfiri


Seorang bertanya kepada asy-Syaikh Akram bin Muhammad Ziyadah(1) :
Pertanyaan :
Jika ada salafiyah jihadiyah, salafiyah takfiriyah, ataupun salafiyah yang lain, lalu dengan apa kami membedakan nisbah salaf kami (dengan mereka) ?
Jawaban :
Alhamdulillah washsholatu wassalamu ‘ala rosulillahilkarim,
Tidak ada penamaan (semacam salafiyah jihadiyah, salafiyah takfiriyah dll -pen) itu kecuali dengan safiyah saja secara mutlak, yang (nisbah ini) dimunculkan untuk membedakan diri dengan ahlul bid’ah. Dan barang siapa yang mengkaitkannya (salafiyah) dengan embel-embel jihadiyah maupun takfiriyah, maka mereka mungkin dari pengekor hawa nafsu (ashabul hawa) dan ahlul bid’ah atau bisa jadi itu musuh islam dan musuh kaum muslimin.
Dan salafiyun tidaklah mereka mengkaitkan nisbah salafiyah dengan sifat yang lain (seperti jihadiyah atau takfiriyah) dan tidak pula mereka menyatakan dengan yang lain, dan tidak mengkaitkannya dengan yang lain, dan tidak mensifatinya dengan yang lain, dan tidak menamainya dengan yang lain, dan tidak menyebutnya dengan yang lain.
Wallahu a’lam
Washalallahu ‘ala nabiyyina muhammad wa ‘ala alihi washohbihi wasallam
NB :
1.     Beliau adalah seorang ulama yang banyak bermulazamah langsung kepada syaikh ibnu baz, syaikh al-albani, syaikh ibnu utsaimin, syaikh muqbil bin hadi, dan yang lainnya.
2.     Penamaan Salafiyah Jihadiyah atau yang semisalnya adalah penamaan yang keliru.